0823-8786-1701

Jl.Perkutut No.388 G. PS.Timur.Tualang.Siak.Riau

Dapatkan Artikel Terbaru Kami

Senin, 16 Oktober 2017

Hello Java Script !

Diterbitkan Oleh   Pada Jam Pinterest

Sobat, pernahkah sobat perhatikan, bahwa hampir semua pemrograman web melibatkan  bahasa pemrograman "Java Script"? Jika belum... coba deh perhatikan. Jadi, menurut Donga bahasa program yang satu ini, adalah materi wajib yang harus kita pelajari. Biasanya masalah yang muncul saat kita akan mempelajari sesuatu, kita tidak tahu harus mulai dari mana. Ini adalah kebingungan tingkat pemula banget... Seperti juga Donga dulu..hehehe. Tapi, jangan takut sekarangkan ada Mbah Google, tanya aja sama si Mbah  mulainya dari mana, pasti nanti di kasih saran. Hasil konsultasi Donga dengan Mbah Google ternyata mulainya dari dasar terlebih dahulu. Untuk java script disarankan untuk mulai dari "Hallo Word" atau ada juga yang bikin "Hallo Java Script" Jika sobat berminat ayo kita mulai.... 

Mulailah  Dari "Hallo World"

Untuk masalah program-memprogram Web, Donga lebih suka menggunakan literatur dari www.w3schools.com. Donga pilih Web ini karena tutorialnya sederhana dan mudah dimengerti, walaupun kita tidak begitu mengerti bahasa inggris. Jika masalah bahasa memang menjadi kendala utama sobat, di www.w3schools.com juga disediakan alih bahasa ke Bahasa Indonesia. Tapi walaupun ada alih bahasanya, Donga tetap lebih suka dengan bahasa aslinya, karena jika kita alih bahasakan, maka banyak istilah-istilah yang jadi membingungkan. Selain itu kita di www.w3schools.com sobat bisa berexperiment langsung dengan melakukan perubahan pada coding yang disediakan, kemudian kita langsung bisa melihat efek dari perubahan tersebut. 

www.w3schools.com refferensi pilihan untuk pemula dan profesional

Wah ... jadi kebanyakan cerita nih Donga... Oke deh...kita langsung saja ke Codingnya. Untuk langkah awal, silahkan Sobat copy code di bawah ini, kemudian pastekan ke Notepad. Direkomendasikan Notepad++ karena lebih bagus tampilannya, kemudian lebih lengkap menunya. Jika sobat belum punya Notepad++ silahkan download di sini. 

 
<html>
<body>
<script language="javascript">
 document.write("Hello World")
</script>
</body>
</html>

Kemudian simpanlah file tersebut dengan nama hello.html. Mengapa kita simpan menggunakan extesion "HTML"? Karena Java Script tidak bisa menampilkan dirinya sendiri, oleh karena itu diperlukan alat penampil (browser) seperti mozilla, Google Chrome, Internet Explorer, dan masih banyak lagi yang lain. 



Pada percobaan kita kali ini, script di atas akan kita tampilkan di Google Chrome. Bagaimana Sob? Sudah di simpan file scripnya? Oke kalau sudah, jika langkah yang sobat lakukan benar, maka akan tampak tampilan seperti ini di browser Google Chrome.


Jika kita perhatikan, script yang baru saja kita jalankan tadi :

 document.write("Hello World")

Seolah-olah ingin mengatakan kepada kita

document.write = Tuliskan Dokumen

yang isinya

Hello World

Sepertinya terlihat lucu menjelaskan ini, karena tentunya sobat sekalian pasti memahami apa yang dimaksudkan oleh script di atas. Ini sekedar sharing saja dari Donga tentang cara memahami script versi autodidak ala Donga. Setiap orang memiliki metode sendiri-sendiri tentang cara belajarnya, silahkan berimprovisasi. :)

Donga rasa cukup sampai di sini saja dulu pembahasan kita tentang Hello World Java Script. Silahkan intip catatan-catatan Donga berikutnya, untuk yang berkaitan dengan Hello World sobat bisa baca catatan Memahami 'document.write()' Java Script.

Tidak ada komentar:
Tulis komentar

Hai...Kami baru saja meluncurkan program terbaru - https://t.co/quGl87I2PZ
Belangganan Artikel